| 0 comments ]

Apakah anda sering menunda-nunda suatu pekerjaan?. Kalau ia, berarti anda adalah salah satu dari jutaan orang yang mempunyai perilaku prokrastinasi yang baik. Apa itu prokrastinasi? Prokrastinasi berasal dari bahasa latin procastinare. Pro artinya gerakan maju dan crastinus artinya milik hari esok. Prokrastinasi adalah perilaku manusia yang sering menunda-nunda baik tugas maupun pekerjaan. Berikut masalah yang menyebabkan timbulnya perilaku prokrastinasi
  1. karakterisktik tugas adalah bagaimana karakter dari pekerjaan atau tugas tersebut. jika terlalu sulit, kecenderungan orang akan menunda pekerjaan atau tugas tersebut.
  2. karakter personality (kurang PD, moody, irasional). orang akan cenderung menunda pekerjaan jika kurang percaya diri dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. takut terjadi kesalahan. orang dengan karakter moody merupakanorang yang hampir sering menunda pekerjaan. jika mood nya dalam keadaan buruk (bad mood), menunda pekerjaan akan dilakukannya. begitu juga orangyang berpikir irasional, akan menunda-nunda pekerjaan.
  3. Tekanan, pressure. tekanan atau pressure juga menjadi penyebab sikap prokrastinasi.mahasiswa yang tertekan oleh tugas dari dosen, karyawan yang mendapat tekanandari atasan, akan menjadi malas mengerjakan tugas dan menundanya
  4. Pemberontak. hal ini disebabkan oleh banyaknya tugas. orang akan memberontak untuk menunda tugas dan pekerjaannya.

Dalam Al-Qur’anul Karim qur'an surah wal-Ashr(103): 1-3 :
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Ayat di atas menjelaskan bahwa manusia memang benar-benar berada dalam kerugian apabila tidak memanfaatkan waktu yang telah diberikan oleh Allah secara optimal untuk mengerjakan perbuatan-perbuatan baik. Hanya individu-individu yang beriman dan kemudian mengamalkannyalah yang tidak termasuk orang yang merugi, serta mereka bermanfaat bagi orang banyak dengan melakukan aktivitas dakwah dalam banyak tingkatan.
Berikut tips menghindari perilaku prokrastinasi:
1. Kesadaran dari dalam diri
2. Buang jauh-jauh kata-kata; sebentar, nanti, setelah ini, setelah itu, dll.
3. Ketika otak memerintahkan untuk bekerja mengerjakan sesuatu yang penting, contohnya belajar, bersegeralah berdiri dan mencari tempat lain, jangan kembali ketempat semula.
4. Jangan cari tempat yang dapat membuat kita terlalu nyaman.
5. Saat mengerjakan tugas anggaplah tugas yang anda kerjakan itu mudah
6. Matikan alat-alat elektronik yang dapat mempengaruhi: televisi, handphone, radio, komputer, dll.

0 comments

Post a Comment